Sunday 7 August 2016

Pembangunan Infrastuktur Untuk Petani

Tema         : Hadirkan Solusi Seiring Inovasi - Inovasi Infrastruktur Masa Depan "Pembangunan Insfastruktur Untuk Petani Di Aceh ( Wilayah Pidie ) "
Sub Tema : Potensi Daerah dengan Bantuan Inovasi Infrastruktur "Pembangunan Bendungan Irigasi Air Untuk Sawah "

Assalamualikum Sahabat di manapun kamu berada, salam untuk kita semua. Nama saya Fariz, Saya asli Aceh , lahir dan bertempat tinggal di Aceh Pidie, Tepatnya di desa Dayah Beureueh . Di desa saya tinggal hampir semua  masyarakatnya berprofesi sebagai petani di sawah, di karenakan tanah yang subur dan luasnya lahan untuk menanam padi , jika kalian mengunjugi desa saya, kalian akan melihat sawah di kiri kanan kalian, lihatlah gambar berikut ini  


Foto Milik Pribadi
Foto Milik Pribadi

Sungguh indah bukan . Di sini kami memanen padi 2 kali dalam setahun. Panen yang pertama yaitu pada bulan Maret - April sedangkan panen yang kedua  memasuki akhir Tahun yaitu antara bulan september-november . Pada panen yang kedua kami para petani mendapatkan hasil yang lebih banyak 15-10 % dibandingkan panen yang pertama, kalian pasti bertanya-tanya kenapa bisa hasilnya berbeda ? sedangkan menanam padi di tanah, tempat dan sawah yang sama . Saya akan menjawab, bener sahabat ku sekalian , kami memang menanan padi di tanah dan sawah yang sama,  Tapi yang menyebabkan hasilnya berbeda dibandingkan panen yang pertama yaitu panen di tahun kedua padi di sawah mendapat supplay air yang cukup, di karenakan pada saat kami memanan padi untuk panen yang kedua memang musim hujan, sehingga supplay air yang cukup untuk padi di sawah, air yang turun sendiri tanpa perlu kami aliri lewat irigasi sawah . Pada panen yang pertama, karena musim kemarau yang panjang menyebabkan sawah kami jadi kering.ini adalah contoh irigasi yang kering akibat tidak turunnya hujan
Foto Milik Pribadi


Foto Milik Pribadi

Foto Milik Pribadi

Di sini kami para petani hanya mendapatkan supplay air dari air sungai yang di alirkan ke arigasi setiap sawah, nah jika sungainya kering karena musim kemarau, kami di sawah juga tidak mendapatkan supplay air yang cukup untuk padi kami di sawah. Harapan saya untuk pemerintah daerah untuk mendirikan sebuah "Bendungan irigasi untuk sawah". Saya tidak terlalu mengerti tentang bagaimana desain dan cara mendirikan bendungan, karena memang itu bukan bidang saya .
Tapi saya contohkan seperti gambar di bawah ,


Contoh Bendungan - Foto by 
Seperti yang kita tahu sebuah bendung memiliki fungsi, yaitu untuk meninggikan muka air sungai dan mengalirkan sebagian aliran air sungai yang ada ke arah tepi kanan dan tepi kiri sungai untuk mengalirkannya ke dalam saluran melalui sebuah bangunan pengambilan jaringan irigasi. Fungsi bendung ini berbeda dengan fungsi bendungan dimana sebuah bendungan berfungsi sebagai penangkap air dan menyimpannya di musim hujan waktu air sungai mengalir dalam jumlah besar dan yang melebihi kebutuhan. Air yang ditampung di dalam bendungan ini dipergunakan untuk keperluan irigasi, air minum, industri, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Kelebihan dari sebuah bendungan, yaitu dengan memiliki daya tampung tersebut, sejumlah besar air sungai yang melebihi kebutuhan dapat disimpan dalam waduk dan baru dilepas mengalir ke dalam sungai lagi di hilirnya sesuai dengan kebutuhan saja pada waktu yang diperlukan. Bendung juga dapat didefinisikan sebagai bangunan air yang dibangun secara melintang sungai, sedemikian rupa agar permukaan air sungai di sekitarnya naik sampai ketinggian tertentu, sehingga air sungai tadi dapat dialirkan melalui pintu sadap ke saluran-saluran pembagi kemudian hingga ke lahan-lahan pertanian (Kartasapoetra, 1991: 37).

Ini juga Syarat-syarat konstruksi bendung harus memenuhi beberapa faktor, yaitu :
• Bendung harus stabil dan mampu menahan tekanan air pada waktu banjir
• Pembuatan bendung harus memperhitungkan kekuatan daya dukung tanah di bawahnya
• Bendung harus dapat menahan bocoran yang disebabkan oleh aliran air sungai dan aliran air yang meresap ke dalam tanah
• Tinggi ambang bendung harus dapat memenuhi tinggi muka air minimum yang diperlukan untuk seluruh daerah irigasi
• Bentuk peluap harus diperhitungkan, sehingga air dapat membawa pasir, kerikil dan batu-batu dari sebelah hulu dan tidak menimbulkan kerusakan pada tubuh bendung.


Air salah satu faktor yang berperan besar terhadapat hasil panen.

Air merupakan faktor esensiil yang penting bagi kehidupan tanaman, karena tanpa air tanaman tidak akan hidup. Fungsi air bagi tanaman antara lain :
a) Sebagai pembentuk tubuh tanaman
b) Sebagai pelarut unsur hara
c) Sebagai bahan baku fotosintesis
d) Sebagai pengatur tekanan turgor
e) Sebagai pengatur suhu tubuh dan sebagai alat transportasi tanaman.
Fungsi lain dari air bagi tanaman adalah :
a) Sebagai pembentuk tubuh. Tanpa adanya air tanaman akan terkulai layu. Tanaman mengandung air dalam jumlah yang beragam tergantung jenis dan habitatnya yaitu berkisar 50-80 % dari bobot totalnya.
b) Sebagai pelarut unsur hara. Unsur hara yang ada dalam tanah hanya akan dapat diserap oleh tanaman dalam bentuk larutan, dimana senyawa atau unsur dalam bentuk ionisasi (kation dan anion) missal NO3-, NH4+, K+, Na+, Ca++, PO4= dll.
c) Sebagai bahan baku fotosintesis. Tanpa adanya air maka proses fotosintesis akan terhenti dan proses pembentukan hidrat arang akan terhenti pula, maka dari itu air merupakan bahan baku utama bagi berlangsungnya proses fotosintesis.
d) Sebagai pengatur tekanan turgor. Selain air, bahan baku fotosintesis adalah CO2 yang berada di udara, untuk dapat masuk berdifusi ke dalam daun maka sel-sel penjaga pada stomata daun harus dalam keadaan turgid, hal ini hanya akan terjadi bila sel-sel penjaga banyak mengandung air. Kondisi ini menyebabkan stomata membuka dan CO2 mudah untuk berdifusi ke dalam daun.
e) Sebagai pengatur suhu tubuh. Reaksi dalam tanaman merupakan reaksi enzimatis yang dikendalikan oleh suhu. Proses reaksi enzimatis meningkat dengan meningkatnya suhu sampai pada kondisi suhu optimum. Pada kondisi suhu yang sangat ekstrim tinggi maka reaksi enzimatis akan terganggu oleh karena itu suhu harus diturunkan pada kondisi optimum, melalui pengeluaran uap air dari tubuh tanaman yang dikenal dengan proses transpirasi.
f) Sebagai alat transportasi. Hasil-hasil fotosintesis dan unsur hara dalam tanah harus disebarluaskan keseluruh jaringan tanaman. Fungsi ini hanya dapat dilakukan oleh air, melalui jaringan silem unsur hara diangkut ke dalam tubuh tanaman dan melalui jaringan phloem hasil fotosintesis di edarkan keseluruh jaringan tanaman. Meskipun air merupakan faktor yang sangat penting bagi kehidupan tanaman, namun kekurangan maupun kelebihan air berpengaruh tidak baik bagi pertumbuhan tanaman. Kelebihan air terjadi apabila sebagian besar atau seluruh pori tanah terisi oleh air, sehingga kekurangan udara yang diperlukan untuk respirasi akar, hal ini sering terjadi pada tanah-tanah berat (liat). Sedangkan kekurangan air terjadi bila seluruh pori-pori tanah terisi oleh udara, sehingga tanaman menjadi layu, hal ini terjadi pada tanah-tanah ringan seperti pasir.
Air tersedia adalah air yang berada pada kondisi kapasitas lapang yaitu pori-pori mikro terisi oleh air dan pori-pori makro terisi oleh udara, hal ini terjadi pada tanah-tanah berlempung.
Upaya untuk menciptakan kondisi tanah ideal adalah pengolahan tanah yang baik pada tanah-tanah berat dengan pembuatan saluran drainase atau patusan, dan penambahan bahan organik serta lempung pada tanah-tanah berpasir. Kondisi semacam ini akan meningkatkan kapasitas lapang sehingga air akan tersedia dengan cukup untuk pertumbuhan tanaman.
Air yang baik untuk tanaman adalah air yang subur atau banyak mengandung unsur hara, tidak beracun, tidak masam atau alkalis dan tidak mengandung padasan. Cara pemberian air pada tanaman dapat dilakukan dengan cara leb, gembor maupun dengan alat semprot (sprinkle) tergantung pada jumlah air yang tersedia, jauh dekatnya dengan sumber air, topografi, jenis tanah dan biaya serta tenaga yang tersedia. - Referensi anakindonesia95 (dot) blogspot (dot) com.

Besar harapan saya agar pemerintah daerah dapat mendirikan sebuah bendungan, supaya petani lebih sejahtera dan dapat meningkatkan hasil panen 10-20% dari hasil yang sebelumnya.

Wassalamualaikum Wr Wb

Bonus Gambar Sawah di Desa saya






*Gambar diatas semua dokumentasi Pribadi saya

No comments:

Post a Comment